9 Tips Pemilihan Ban Traktor dan Suppliernya

9 Tips Pemilihan Ban Traktor dan Suppliernya

Ban traktor merupakan ban yang bisa kamu gunakan untuk kebutuhan proyek, terutama proyek pembangunan jalan, pemadatan tanah dan sebagainya. Sehingga pembuatannya pun tidak bisa sembarangan, harus menyesuaikan kebutuhan dari mulai tahan panas, kuat tahan terhadap tekanan, dan bisa memampatkan tanah dengan sempurna.

Nah sebelum kamu memakainya tentu akan ada banyak hal yang harus kamu perhatikan yaa. Diantaranya bagaimana cara kerja ban, pola yang cocok untuk proyek yang kamu kerjakan, perawatannya agar awet, dan sebagainya. Hal ini agar kamu bisa menggunakan ban traktor dengan maksimal dan proyek yang kamu kerjakan pun hasilnya lebih sempurna.

Beberapa Tips Menentukan Ban Traktor yang Harus Kamu Pakai

Kualitas ban pada dasarnya menentukan umur pemakaiannya loh. Sehingga kamu kalau datang ke toko yang jual ban traktor juga tidak bisa sembarang pilih. Berikut ini beberapa tips dan cara memilih ban traktor agar pemakaian lebih maksimal :

  • Memahami Skala Proyek

Dalam mengerjakan proyek tentu kita akan mempertimbangkan alat berat yang kita gunakan, termasuk pemakaian ban vibro juga harus kita sesuaikan.

Apabila kamu ingin memadatkan tanah yang mempunyai kedalaman, kamu bisa menggunakan roller dengan pola kembang. Kemudian jika kamu sedang mengerjakan pondasi, memadatkan tanah maupun kerikil sebaiknya pakai roller yang mempunyai komponen getar atau vibrating roller.

  • Cek Spesifikasi Sebelum Beli

Tahukah kamu kalau setiap ukuran ban mempunyai kemampuan kerja yang beda-beda. Nah kamu harus menghitung luas bidang proyek agar tau ukuran ban sebesar apa yang kamu butuhkan. Oleh karena itu wajib bagi kamu untuk cek ukuran ban, kecepatan dan kapasitas ban, dan juga kondisi permukaan yang akan kamu kerjakan.

  • Lakukan Uji Kualitas Ban

Setelah spesifikasi, maka lanjutkan dengan uji kualitas ban. Berikut ini beberapa hal yang harus kamu nilai sebelum menggunakan ban diantaranya polanya. Dimana ban vibro yang harus kamu gunakan adalah yang mempunyai pola jajar genjang, pastikan pola tidak cacat, ketebalan rata, permukaan ban mulus dan sebagainya.

  • Lebih Baik Beli Ban Baru

Apabila kamu mempunyai budget yang cukup dan jenis proyek yang kamu kerjakan memerlukan waktu yang lama alangkah baiknya jika menggunakan ban baru saja. Dalam pemilihan ban baru kamu juga tidak bisa sembarangan yaa.

Yang perlu kamu ingat adalah lama penyimpanan barang digudang juga akan mempengaruhi kualitas barang. Sehingga kalau kamu beli baru dan diberikan stock yang lama kamu perlu waspada, tanyakan bagaimana standar penyimpanan ban traktor dari supplier tersebut. seharusnya gudang penyimpanan ban mereka bersih, sejuk, terang, dan bebas dari minyak ataupun listrik yang aktif.

  • Menyesuaikan Jenis Ban Dengan Pemakaiannya

Ingat ban akan bekerja secara efisien apabila kamu menggunakannya di proyek yang sesuai. Sehingga di awal kamu sudah harus tau jenis-jenis ban dan penggunaannya. Misalnya ban lug pada tipe ban traktor loader memiliki jumlah tapak yang sedikit, maka tekanan dan gesekannya ke permukaan kerja akan cukup besar. Sehingga ban jenis ini lebih baik kamu gunakan untuk permukaan yang licin dan keras seperti beton.

Cara Memilih Supplier Ban Traktor

Sebelum kamu pergi ke toko yang jual ban traktor pastikan terlebih dahulu kamu tidak salah memilih supplier yaa. Kamu harus lebih berhati-hati karena harga bannya selain mahal juga ini perlu kamu lakukan agar tidak membahayakan keselematanmu kedepannya.

  • Pilih supplier yang menawarkan produk dari berbagai brand sudah dengan kualitas barangnya. Artinya supplier yang bagus adalah yang tau spesifikasi barang yang mereka jual dan gambarannya apabila ban tersebut kita gunakan untuk proyek kita.
  • Supplier yang mempunyai banyak produk atau ready stock juga akan lebih menguntungkan. Karena jika kamu sudah tau apa yang mau kamu beli maka mensegerakannya adalah hal yang baik. Sehingga akan lebih baik lagi jika ready stock, jadi kamu tidak perlu menunggu lama.
  • Pilih supplier yang terbukti bisa mengirim secara cepat sesuai kesepakatan. Karena ini akan berhubungan dengan keberlangsungan proyek yang punya tenggat waktu pengerjaan. Kalau penyediaannya terlalu lama tentu akan semakin mengikis waktu pengerjaan secara keseluruhan.
  • Lakukan perbandingan harga beberapa supplier, jika kamu sudah punya budget maka penting buat kamu untuk membandingkan harga. Kalau perlu hubungi beberapa supplier, tanyakan penawaran ataupun promo yang tersedia. Sekaligus minta spesifikasi dari produk ban yang mereka sediakan.

Itulah tadi hal-hal yang harus kamu perhatikan yaa sebelum membeli ban traktor. Ada banyak supplier yang jual ban traktor dengan berbagai merek. Nah tugas kamu adalah mengetahui detail proyek yang kamu kerjakan dan ban seperti apa yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *