Beberapa Cara Yang Bisa Digunakan Untuk Memilih Bahan Bangunan Yang Berkualitas

Beberapa Cara Yang Bisa Digunakan Untuk Memilih Bahan Bangunan Yang Berkualitas

Bahan bangunan yang berkualitas dibutuhkan agar bangunan yang di bentuk menggunakan bahan tersebut kokoh dan bisa bertahan lama. Namun memang biasanya harga beberapa bahan bangunan seperti harga conblock, harga semen dan lain-lain yang memiliki kualitas tinggi, di bandrol dengan harga yang lebih tinggi pula. Namun jangan khawatir, dengan harga di bawah pasaran kamu bisa juga menemukan bahan yang berkualitas dengan cara di bawah ini.

  1. Tips memilih semen sebagai bahan bangunan

Semen merupakan bahan bangunan untuk pondasi bangunan.

Ada beberapa cara untuk menentukan kualitas semen, antara lain sebagai berikut.

Kantong Semen Press

Jika semen yang dipres dari luar kemasan terlihat keras,  berarti semen tersebut sudah terlalu lama disimpan dan kualitasnya sudah tidak bagus lagi.

Pemeriksaan semen yang dikeluarkan dari kemasan

Karakteristik semen yang berkualitas baik adalah bahwa semua partikel dapat terurai secara hayati dan tampak selembut debu, serta tidak menggumpal. Namun, jika semen  mulai menggumpal dan terasa kasar, kualitas semen tersebut sudah pasti tidak  baik.  Apalagi jika terlihat keras dan kondisinya  membatu seperti kerikil.

Juga pastikan bahwa semen yang Anda pilih adalah merek yang terkenal karena  sering digunakan oleh  kontraktor konstruksi.

  1. Tips untuk memilih pasir

Sifat-sifat pasir halus adalah khusus untuk kandungan lumpurnya.  Hal ini harus diwaspadai karena jika pasir masih berlumpur akan berdampak pada pemborosan penggunaan bahan bangunan lainnya, terutama semen pada saat penuangan beton. Semakin banyak lumpur, semakin banyak campuran semen yang terbuang.

  1. Tips memilih bahan bangunan dengan batu bata merah

Dibandingkan dengan batu bata, bahan bangunan  ini  memiliki struktur yang lebih  kuat.  Kelebihan bata merah adalah  menyerap panas dengan baik dan membuat rumah  lebih sejuk. Ciri-ciri bata merah yang baik adalah teksturnya keras, ukurannya sedang,  tidak mudah retak atau pecah. Anda dapat memeriksanya dengan menyentuh permukaan batu.

  1. Tips memilih kayu

Kayu merupakan salah satu bahan terpenting dalam membangun rumah. Untuk memilih kayu terbaik, kami merekomendasikan menggunakan kayu dengan kadar air kurang dari 20%. Kayu yang memenuhi kriteria tersebut tentunya akan tahan cuaca di masa depan.

  1. Tips memilih ubin lantai

Bahan bangunan  Meskipun ada banyak alternatif dalam memilih ubin lantai untuk rumah, ubin lantai masih menjadi yang paling populer karena biayanya yang lebih ekonomis. Selain itu, batu bata juga dapat menyerap panas matahari secara optimal agar rumah tetap sejuk. Jika Anda ingin membeli genteng dengan kualitas terbaik, genteng keramik merupakan salah satu varian yang harus Anda pilih karena  sudah terbukti keawetannya. Resistansi ini sendiri diperoleh dengan membakar pada suhu yang sangat tinggi. Jika Anda mendengar suara keras, Anda dapat mengatakan bahwa ubin tersebut berkualitas baik.

Ada beberapa bahan bangunan dari luar yang biasanya di beli oleh importir barang China yang juga memiliki kualitas yang baik dan di bandrol dengan harga murah. Kamu bisa melihat dan membandingkan bahan tersebut secara online di marketplace tertentu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *