Beberapa Obat yang Bisa Anda Siapkan di Rumah

Beberapa Obat yang Bisa Anda Siapkan di Rumah

Setiap orang tentunya ingin selalu memiliki tubuh yang sehat dan jarang sakit. Namun, dengan berbagai faktor pemicu sehingga sakit pun tidak bisa dihindari.

Sebagai upaya antisipasi, tidak ada salahnya jika anda mempersiapkan berbagai macam obat di rumah. Berikut beberapa obat yang bisa anda siapkan di rumah:

  • Cessa Cough & Flu

 

Cessa Cough & Flu bisa menjadi pilihan yang tepat bagi anda yang sedang mencari obat batuk bayi yang tidak diminum. Produk ini merupakan essential oil yang diracik khusus dari 100% bahan alami. Obat batuk yang satu ini sangat cocok digunakan untuk anak usia 0-2 tahun.

 

Cara menggunakannya juga cukuplah mudah, anda bisa oleskan obat ini ke bagian punggung dan dada bayi. Lalu, anda bisa melakukan pijatan lembut yang membuat si kecil menjadi lebih nyaman.

 

Selain itu, aroma serta kehangatan obat anak 1 tahun ini juga dapat membantu meredakan gejala batuk dan pilek.

 

  • Dimenhydrinate

 

Dimenhydrinate atau dimenhidrinat merupakan obat yang berfungsi untuk mencegah dan mengobati mual, muntah, dan pusing akibat mabuk perjalanan. Bukan hanya itu, obat yang satu ini juga bisa digunakan untuk mengatasi vertigo yang disebabkan penyakit Meniere.

Obat yang termasuk golongan antihistamin generasi pertama ini bekerja dengan cara menghambat produksi dan kerja histamin yang diproduksi tubuh, sehingga mencegah stimulasi saraf di otak dan telinga bagian dalam yang dapat menyebabkan mual, muntah, dan pusing.

  • Domperidone

 

Domperidone merupakan obat yang berfungsi untuk merangsang atau memperbanyak produksi ASI. Obat yang tersedia dalam bentuk tablet 10 mg, sirup dan drop ini juga meredakan mual dan muntah.  bekerja dengan mempercepat gerakan saluran pencernaan, sehingga makanan yang ada di dalam lambung menjadi lebih cepat menuju usus. Dengan begitu, rasa mual pun akan semakin berkurang.

 

Selain untuk meningkatkan produksi ASI, mengatasi mual dan muntah, obat ini juga bisa digunakan untuk mengatasi gangguan gerakan saluran pencernaan, seperti gastroparesis.

 

  • Metoclopramide

 

Produk ini merupakan obat yang digunakan untuk meredakan mual dan muntah akibat penyakit asam lambung, efek samping dari prosedur bedah, radioterapi, atau kemoterapi.

 

Obat yang termasuk golongan antiemetik ini bekerja dengan cara mempercepat pengosongan lambung, sehingga dapat mengurangi rasa mual serta mencegah muntah. Namun, obat yang satu ini tidak boleh digunakan dalam jangka waktu panjang dan hanya boleh digunakan sesuai resep dokter.

 

  • Lacto-B

 

Produk ini merupakan suplemen probiotik yang berfungsi untuk membantu mengatasi diare, khususnya diare yang disebabkan oleh penggunaan  antiobiotik. Selain itu, Lacto-B juga bisa digunakan untuk mengatasi intoleransi laktosa dan sembelit.

 

Suplemen yang berbentuk bubuk ini juga sering digunakan untuk membantu mengatasi diare pada anak-anak. Di dalam suplemen ini terkandung probiotik, yakni bakteri baik yang bisa menjaga kesehatan sistem pencernaan.

 

  • Transpulmin Baby Balsam.

Transpulmin baby balsam merupakan balsam yang digunakan pada bayi berusia dibawah 2 tahun untuk meredakan nyeri punggung, sakit kepala, sakit perut, hidung tersumbat dan menghangatkan badan yang timbul akibat influenza.

Transpulmin baby balsam memiliki kandungan dua bahan alami, yakni bunga chamonile dan eucalyptus oil. Charmonile merupakan tanaman herbal yang bermanfaat untuk melawan bakteri yang dapat menyebabkan infeksi, mengatasi gangguan perut dan menenangkan tubuh serta pikiran supaya lebih mudah tidur.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *