Yuk Cari Tahu Lebih Dalam Waran Terstruktur dengan Waran RHB

Yuk Cari Tahu Lebih Dalam Waran Terstruktur dengan Waran RHB

Makin hari, makin banyak opsi produk investasi yang bisa dipilih. Dengan begini, investor yang ingin melakukan diversifikasi portofolio akan merasa begitu terbantu, karena bisa menambahkan satu aset lain ke dalam portofolionya. Salah satu produk investasi yang diluncurkan oleh Bursa Efek Indonesia (BEI) baru-baru ini adalah waran terstruktur atau structured warrant.

Produk Waran terstruktur pertama di Indonesia diluncurkan oleh BEI pada 19 September 2022 lalu. Kehadiran produk efek terbaru ini pun berhasil meramaikan pasar modal Indonesia, Bagi Smart People yang tertarik untuk memiliki waran terstruktur sebagai aset investasi, bisa simak ulasan lebih jauh mengenai waran terstruktur tersebut di bawah ini.

Apa Itu Waran Terstruktur?

Waran terstruktur adalah efek atau instrumen turunan saham yang diterbitkan oleh Perusahaan Efek Anggota Bursa,yang memberikan hak bagi para pembelinya untuk membeli atau menjual underlying securities atau saham pada harga dan tanggal yang telah ditentukan. Underlying securities di sini merujuk pada saham yang tergolong ke dalam konstituen Indeks IDX30.

Perbedaan Waran Terstruktur dengan Saham

Meskipun masih ada embel-embel ‘saham’-nya, namun ada perbedaan mendasar antara waran terstruktur dengan saham. Sebagai orang yang ingin memiliki waran terstruktur ini sebagai aset investasi, tentu Smart People baiknya memahami perbedaannya tersebut. Simak 3 aspek yang menjadi pembeda antara waran terstruktur dengan saham di bawah ini.

1.    Hak Kepemilikan

Jika Smart People membeli waran terstruktur, Smart People tidak akan menjadi salah satu pemilik perusahaan atau emiten penerbit saham tersebut alias shareholder. Hal ini berbeda dengan kepemilikan atas saham, yang menjadikan investor yang memiliki saham tersebut punya hak kepemilikan atas perusahaan atau emiten.

Dengan tidak menjadi shareholder pada perusahaan di mana waran terstruktur dikeluarkan, maka Smart People tidak akan memiliki hak untuk memperoleh dividen atau sebagian imbal hasil dari pendapatan perusahaan, serta hak untuk mengikuti Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS). Jadi, passive income berupa dividen yang biasa dibayarkan per kuartal atau per bulan tidak akan didapatkan.

2.    Harga

Berdasarkan aspek harga, harga waran terstruktur bisa mengalami kenaikan dan penurunan tanpa adanya batas perubahan harga maksimum. Kondisi ini berbeda dengan harga saham di mana harganya akan mengikuti mekanisme batas atas atau Auto Rejection Atas (ARA) dan batas bawah atau Auto Rejection Bawah (ARB).

Auto rejection pada waran terstruktur sendiri sifatnya terbatas. Alhasil, harga waran terstruktur yang diperdagangkan jadi lebih besar atau sama dengan harga saham aset dasarnya. Perbedaan mendasar terkait harga antara waran terstruktur dengan saham ini bisa jadi acuan Smart People untuk memilih aset investasi nantinya.

3.    Jatuh Tempo

Perihal jatuh tempo, pemilik waran terstruktur memiliki jatuh tempo dengan periode yang berkisar antara 2 hingga 24 bulan. Sedangkan untuk saham sendiri tidak ada jangka waktu untuk jatuh tempo. Sekiranya terdapat keuntungan pada saat jatuh tempo, maka Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) akan melakukan transfer dana imbal hasil secara otomatis ke rekening investor.

Keuntungan Memilih Waran Terstruktur

Mengingat waran terstruktur masih terbilang baru, tentu saja akan muncul keraguan di benar para investor untuk membeli aset investasi satu ini. Agar keraguan tersebut tidak berlangsung lama, Smart People bisa pahami berikut ini berbagai keuntungan yang bisa diperoleh dengan memilih waran terstruktur sebagai aset investasi.

1.        Potensi Imbal Hasil yang Lebih Besar

Smart People yang berinvestasi dalam bentuk waran terstruktur berpotensi untuk memperoleh imbal hasil yang lebih besar. Hal ini disebabkan karena Smart People memiliki hak untuk membeli (call) atau menjual (put) underlying securities pada harga dan tanggal tertentu. Potensi keuntungan yang tidak terbatas pun tergantung pada pergerakan harga underlying securities tersebut.

2.        Melindungi Nilai Investasi

Sebagai investor waran terstruktur, Smart People mengunci harga jual underlying securities. Smart People bisa menggunakan put warrant, sejumlah ekuitas yang bisa dijual kembali pada penerbit di harga tertentu di tanggal yang telah ditentukan atau sebelumnya, sebagai lindung nilai investasi waran terstruktur tersebut. Jika harganya turun, tetap akan ada imbal hasil dari perdagangan.

3.        Memiliki Likuiditas yang Tinggi

Salah satu aturan mengenai waran terstruktur ini adalah perusahaan penerbit wajib menjadi penyedia likuiditas atau liquidity provider dan dapat menunjuk anggota bursa lain sebagai penyedia likuiditas tersebut. Aturan ini memungkin waran terstruktur untuk memiliki nilai likuiditas yang tinggi, sehingga bisa dengan mudah dicairkan.

Cari Tahu Lebih Banyak Tentang Waran Terstruktur di Waran RHB

Masih ada banyak hal informatif dan menarik lainnya mengenai waran terstruktur yang begitu penting untuk Smart People ketahui jika berminat mengenai produk investasi ini. Agar informasi mengenai waran terstruktur tidak terbatas hanya sebanyak ini saja, Smart People bisa perkaya informasi mengenai waran terstruktur melalui Waran RHB.

Waran RHB menyajikan informasi mengenai waran yang saat ini sedang diperbincangkan di pasar modal secara real time. Selain itu, Smart People juga bisa memperoleh informasi seputar dunia waran yang up-to-date di Waran RHB. Makanya, gunakan aplikasi trading saham RHB Tradesmart ID ini untuk memperoleh informasi seputar waran terstruktur di mana dan kapan saja.

Itulah tadi ulasan singkat mengenai waran terstruktur, yang merupakan turunan dari saham. Salah satu keunggulan waran terstruktur ini adalah potensinya untuk mendatangkan imbal hasil yang lebih tinggi. Smart People bisa perdalam informasi mengenai waran terstruktur ini melalui Waran RHB, yang akan memberikan informasi secara real time mengenai waran terstruktur.

Permudah akses untuk memperoleh informasi real time mengenai waran terstruktur melalui Waran RHB. Smart People bisa unduh aplikasi RHB Tradesmart ID untuk mencari informasi mengenai waran terstruktur sekaligus untuk investasi dan trading saham.

Sumber:

Tim Sikapi Uangmu OJK. (2022, November 03). YUK KENALAN DENGAN WARAN TERSTRUKTUR, SI PRODUK SEGAR BARU DI PASAR MODAL INDONESIA. Sikapi Uangmu OJK. Diakses pada tanggal 4 Januari 2023 melalui https://sikapiuangmu.ojk.go.id/FrontEnd/CMS/Article/40777

Farley, Alan. (2022, Mei 13). Warrants: A Risky but High-Return Investment Tool. Investopedia. Diakses pada tanggal 4 Januari 2023 melalui https://www.investopedia.com/trading/warrants-risky-but-high-return-investment-tool/

Tim RHB Tradesmart. (2022, September 09). Apa yang Dimaksud Waran Terstruktur? RHB Tradesmart. Diakses pada tanggal 4 Januari 2023 melalui https://rhbtradesmart.co.id/article/apa-yang-dimaksud-waran-terstruktur/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *